Cara mengetahui Performance suatu Blog

By | 31/12/2012
mengetahui performance blog

Blogging, bukan saja hanya menuliskan Artikel yang berkualitas kemudian diposting. Tetapi juga banyak aspek yang harus diperhatikan agar artikel berkualitas kita dapat dibaca oleh banyak orang. Oleh karena itu, kita perlu mendalami Teknik SEO agar blog kita banyak pengunjugnya. Untuk menyenangkan Search Engine seperti Google,Yahoo dan bing, kita perlu mengetahui apa yang mereka inginkan supaya mereka (Google, Yahoo dan bing) selalu mengunjungi blog kita untuk melakukan index sehingga blog kita selalu tertampil dihalaman pertamanya.

Sebelumnya kita perlu mengetahui tujuan utama dari Search Engine baik itu Google, Yahoo maupun bing. Tujuan utamanya adalah untuk menyajikan informasi yang paling tepat dan memberikan pengalaman penggunakan yang tebaik kepada pengunjung. Sehingga apa yang Search Engine lakukan adalah selalu mencari blog yang memberikan informasi yang terbaik (yang berkualitas) dan relavan serta PAGE LOADING yang tercepat. Tidak ada pengunjung Internet yang senang dengan Website ataupun blog yang loading-nya lambat, termasuk kita sendiri, bukan?
Untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh Search Engine, tentunya kita perlu alat bantu untuk melakukan penilaian (scoring) terhadap blog kita. Disini saya gunakan “gtmetrix” untuk melakukan penilaian terhadap blog saya agar selalu sesuai dengan permintaan Search Engine. Salah satu Keunggulan dari “gtmetrix” adalah dapat memberikan informasi kepada kita mengenai masalah apa yang sedang dihadapi oleh blog kita dan memberikan saran perbaikan serta memberikan prioritas mana yang harus diselesaikan dulu.
OK, sudah panjang lebar menceritakannya, berikut ini cara yang sederhana untuk mengetahui performanmce blog kita :

1. Masuk ke website : http://gtmetrix.com/
2. Masukkan alamat url blog kita, contohnya : http://www.domainanda.com

analisis performance gtmetrix

3. Tunggu beberapa saat, gtmetrix akan melakukan pemeriksaan dan penilaian.
4. Setelah selesai, akan muncul hasil penilaian dibawah ini :

Setelah mengetahui nilai blog kita, maka pekerjaan selanjutnya adalah melakukan perbaikan terhadap Item yang bermasalah.

Beberapa Masalah yang sering muncul dan merupakan prioritas utama yang harus diselesaikan antara lain :

Untuk Page Speed :

1. Specify image dimensions
2. Optimize images
3. Defer parsing of Java Script
4. Enable gzip compression
5. Serve scaled images
6. Leverage browsing cache

page speed recommendation

 Untuk YSlow :

1. Add Expire headers
2. Make fewer HTTP requests
3. Compress components with gzip

masalah yslow

Klik judul kriteria di bawah Recommendation untuk mengetahui letak permasalahan blog anda :

letak permasalahan page speed dan yslow

Apa itu PAGE SPEED dan YSLOW ?

Page Speed adalah kriteria penilaian untuk memenuhi ketentuan Google, sedangkan YSLOW adalah untuk memenuhi kriteria yang ditentukan oleh Yahoo.
Dengan melakukan perbaikan terhadap nilai Page Speed dan YSlow, secara otomatis “Page Load Time” akan menjadi lebih cepat,  “Total Page Size” menjadi lebih kecil, dan “Total Number of Request” akan menjadi sedikit.
 
Cara diatas juga dapat dipergunakan untuk meng-analisis Website pesaing.

Sekian cara untuk mengetahui Performance Blog kita.
Semoga bermanfaat….

Selamat Mencoba….

9 thoughts on “Cara mengetahui Performance suatu Blog

  1. Jefry

    saya sudha pernah untuk mengetes dengan tool ini, nampaknya hasilnya kurang memuaskan dan saya harus melakukan beberapa hal agar performa blog bisa lebih cepat
    terima kasih infonya

    Reply
  2. Sigit Purnomo

    yah yang ngebikin berat blog kebanyakan di masalah gamar yang ada diblog juga kalinya,,, cara compres file supanya perfrom blog lebih yahud gimana,,, so ane masih Newby juga di dunia Blog ini blog ane : http://ipunktamiya.blogspot.com/,, temanya tentang cerita Tamiya /mini 4wd kali aja para senior tertarik berkunjung monggo free aja ,,,, wkwkwkwk

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *