Cara setting permission htaccess dan wp-content di WordPress

By | 16/01/2013

Dalam kondisi tertentu, kita perlu membuka permission atau ijin untuk melakukan edit terhadap htaccess and Wp-content yang ada didalam folder public_html WordPress. Secara default, htaccess and wp-content disetting untuk tidak bisa di Edit atau tidak bisa lakukan perubahaan isinya. Hal ini dilakukan karena alasan keamanan. Jika htaccess dan wp-content kita dapat di akses dengan mudah maka website kita akan saya beresiko sekali. Oleh karena itu, setelah kita lakukan Edit, harus segera kembalikan ke kondisi default, yaitu hanya bisa “Read”, tapi tak bisa “Write”.

Untuk mempermudah melakukan aktifitas Edit, saya sarankan anda untuk memakai software FTP Client seperti Filezilla, karena sangat mudah untuk melakukannya (menurut saya).
Untuk cara Instalasi, setting dan Upload file dengan Filezilla, silakan anda kunjungi artikel cara upload file dengan menggunakan Filezilla

Setelah selesai Instalasi dan setting, silakan lakukan beberapa yang sangat mudah ini :
1. Pastikan Remote Site di /public_html
2. Kemudian di Filename (Kotak dibawah Remote Site), cari nama file .htaccess
3. Bawakan kursor mouse ke .htaccess, kemudian klik kanan mouse untuk munculkan Menu
4. Setelah muncul Menu, klik [File Permission]

5. Akan Muncul Kotak “Change File Attributes”

6. Silakan Klik sesuai dengan keinginan anda, misalnya centang [Write] dan [Execute] untuk membuka akses penuh terhadap file .htacces anda. Anda Juga bisa mengetikkan angka akses di kotak [Numeric Value].
7. Klik [OK]
8. Jika Akses File Permission berhasil, maka di kotak atas Filezilla akan muncul komentar “Directory listing Successful”

Cara untuk membuka akses wp-content juga sama dengan cara diatas.

Catatan : 
Jika anda sudah kotak-katik .htaccess dan wp-content, anda harus segera kembalikan Setting akses-nya ke kondisi semula, hal ini untuk menghindari orang lain untuk dapat meng-akses blog anda.

Mudah bukan?

Semoga bermanfaat …
Selamat mencoba…..

3 thoughts on “Cara setting permission htaccess dan wp-content di WordPress

  1. cerita anak kost

    wah hebat ouy. syaangnya saya ga main WP, punya tapi ga tau mainnya jadinya ngangur dah. Btw pertanyaan ente di blog ane tentang adsense. memang akan selalu keluar seperti itu, sampai pin anda di kirim dan berhasil anda masukan dengan benar di dasboard adsense. jadi tunggu aja ya. Selamat menanti.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *