Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

By | 06/11/2014

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org – Mungkin hampir setiap pemula Blogger akan bertanya, platform manakah yang paling cocok bagi mereka untuk memulai belajar berblog. Platform Blog sebenarnya sangat banyak, salah satu platform Blog yang lagi populer saat ini adalah WordPress. Platform Blog WordPress ini dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Jadi apa sebenarnya yang dimaksud dengan WordPress? dan apa yang membedakan wordpress.com dan wordpress.org? Nah, disini saya akan coba membahas secara singkat mengenai perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah perangkat lunak (software) gratis yang digunakan untuk membuat Blog. Saat ini wordpress merupakan CMS (Content Management System) yang paling populer dan banyak digunakan oleh para Blogger di seluruh dunia. WordPress menggunakan sistem Open Source (sumber terbuka) dan dibangun berdasarkan bahasa pemrograman PHP dan Database SQL.Wordpress pertama kali dirilis pada tahun 2003 oleh Matt Mullenweg.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org ?

WordPress tersedia dalam 2 bentuk yaitu WordPress.com dan WordPress.org.
WordPress.com adalah penyedia blog gratis atau free blog provider dengan software atau CMS blog-nya adalah WordPress. Dengan WordPress.com, kita tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun, karena semuanya disediakan secara gratis baik hosting maupun nama domainnya. Yang diperlukan hanyalah mendaftar ke situs WordPress.com dan mengikuti beberapa langkah untuk memulainya. Domain yang kita gunakan pun memiliki tulisan wordpress.com dibelakangnya (Contoh : namablog.wordpress.com). Karena gratis, WordPress.com juga memiliki banyak keterbatasan. WordPress.com ini juga sering disebut dengan Free WordPress.com

Sedangkan WordPress.org menyediakan software gratis untuk membuat blog dan nama software tersebut tentunya adalah WordPress. Software WordPress dapat kita download secara gratis dan gunakan sebagai platform blog kita. Saat ini banyak penyedia hosting yang menyediakan layanan Install WordPress secara Otomatis (hanya 1 klik untuk Install WordPress). Berbeda dengan WordPress.com, WordPress.org tidak menyediakan Hosting dan Nama Domain untuk Blog anda. Anda perlu menggunakan jasa Hosting baik yang berbayar maupun yang gratis, demikian juga dengan nama domain yang akan anda gunakan. Tetapi WordPress.org lebih flexible dan memberikan  kustomisasi secara maksimal. WordPress.org ini lebih dikenal dengan istilah Self-Hosted WordPress.

Keuntungan dan Kelemahan WordPress.com dan WordPress.org

Baik WordPress.com dan WordPress.org memiliki keuntungan dan kelemahannya masing-masing. Untuk lebih jelas, silakan lihat perbandingan dibawah ini :

Keuntungan WordPress.com :

  1. Mudah untuk memulainya, cukup mendaftarkan ke WordPress.com dan mengikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk menciptakan blog anda
  2. Hosting Gratis. WordPress.com memberikan tempat penyimpanan hingga 3GB. Tetapi jika melebihi batas tersebut, kita perlu membayar US$19.95 setiap 5GB setahun.
  3. Domain Gratis. WordPress.com memberikan nama domain secara gratis dengan menggunakan alamat wordpress.com dibelakang nama blog anda. Contoh : namabloganda.wordpress.com.
  4. Adanya Backup Otomatis dari WordPress.com

Kelemahan WordPress.com :

  1. Tidak bisa Install Plugin. 
  2. Tidak dapat Install Theme sesuka hati (terbatas hanya Theme yang ditentukan saja)
  3. Hanya dapat menggunakan alat Analytic yang ditentukan oleh WordPress.com
  4. WordPress.com dapat menghapus Blog kita kapan saja jika dianggap melanggar peraturan yang ditentukannya.
  5. Fungsi Javascript di nonaktifkan sehingga kita tidak dapat menggunakan widget-widget yang ber-javascript di dalam blog wordpress.com
  6. Tidak dapat meletakkan Iklan 
  7. Terlihat kurang profesional

Keuntungan WordPress.org (Self-Hosted WordPress)

  1. Software-nya gratis dan mudah digunakan
  2. Dapat menggunakan Plugins secara bebas
  3. Dapat menggunakan Themes secara bebas bahkan memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan kita.
  4. Dapat menggunakan alat Analytic dan Tracking secara bebas.
  5. Dapat memasangkan Iklan ataupun monetisasi Blog sesuai dengan selera kita.
  6. Memiliki kendali penuh terhadap data dan konten kita.

Kelemahan WordPress.org (Self-Hosted WordPress)

  1. Kita perlu membeli nama domain dan menyewa Hosting (ada juga yang gratis dengan berbagai keterbatasan)
  2. Kita perlu melakukan Instalasi WordPress sendiri. Tetapi tidak perlu dikuatirkan, cara Install WordPress cukup mudah dilakukan.
  3. Kita perlu melakukan Backup sendiri
  4. Kita perlu melakukan Update versi WordPress sendiri 

Manakah yang lebih cocok untuk anda? WordPress.com atau WordPress.org

Jika yang anda perlukan hanyalah Blog pribadi yang tidak memerlukan Monetisasi blog, maka cukup gunakan saja WordPress.com. Tetapi jika anda serius dalam berblog dan menganggap sebagai potensi bisnis yang ingin dikembangkan, maka saya sarankan menggunakan WordPress.org atau Self-Hosted WordPress.
Jika anda meminta saran dari saya, maka saya akan lebih cenderung memilih Self Hosted WordPress.org.
Semoga sedikit pembahasan sederhana mengenai perbedaan Free WordPress.com dan Self Hosted WordPress.org ini dapat bermanfaat bagi Blogger pemula dalam menentukan pilihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *