Tips dalam memilih Web Hosting untuk Website dan Blog

By | 17/01/2014
web hosting

Blogging dengan menggunakan WordPress ataupun membangun website dengan menggunakan Joomla memerlukan Web Hosting sebagai “Rumah”-nya. Web Hosting yang baik dan sesuai dengan kebutuhan akan dapat membantu kita dalam meningkatkan pengalamanan dalam aktitivas blogging. Ingat, Web Hosting yang baik merupakan kunci sukses daripada sebuah Blog. Memang, saat ini banyak tersedia layanan yang gratis untuk web hosting, tetapi layanan tersebut juga memiliki keterbatasan. Jika anda baru mempelajari membuat blog dan website dengan platform WordPress dan Joomla, tidak ada salahnya anda menggunakan dulu Web Hosting yang gratis. Tetapi setelah anda memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup sehingga ingin mengembangkan bisnis ataupun hobby lewat blogging dan website, maka anda perlu menyewa Web Hosting berbayar.

Dalam memilih Web Hosting, kita perlu mengetahui kebutuhan kita sehingga benar-benar cocok untuk Blog ataupun Website kita.

Apa yang terjadi jika kita salah memilih Web Hosting ?

Seperti yang dikatakan diatas, bahwa Web Hosting yang baik merupakan kunci dari suksesnya sebuah Blog, berarti Web Hosting sangat penting dalam aktivitas blogging. Berikut ini adalah beberapa kerugian jika kita membangun Blog di sebuah Web Hosting yang kurang baik.

  1. Kehilangan Penghasilan – Jika situs Blog “down” artinya tidak bisa diakses, anda pasti akan kehilangan pengunjung yang mungkin merupakan pelanggan potensial yang memerlukan informasi ataupun produk anda. Anda akan kehilangan penjualan ataupun penghasilan adsense.
  2. Dampak Negatif terhadap peringkat SEO – Search Engine Optimization atau SEO merupakan faktor penting dalam suatu Blog, semakin tinggi peringkat SEO, semakin tinggi pula kesempatan Blog kita dibaca oleh orang. Jika Robot search engine mengunjungi Blog kita pada saat sedang “down”. Maka hal ini akan memperburuk peringkat SEO karena menurutnya, blog anda tidak dapat memberikan yang terbaik bagi pencari informasi.
  3. Kurangnya Pengamanan – Perusahaan Web Hosting yang baik akan selalu memback-up data situs/blog anda dalam Remote Server sehingga saat terjadi penyerangan Malware ataupun di “Hack”, Data-data tersebut dapat dikembalikan dengan bantuan perusahaan web hosting anda.
Nah, Setelah kita mengetahui pentingnya mendapatkan Web Hosting yang baik, maka berikut ini saya coba untuk berbagi beberapa tips dalam memilih Web Hosting :
  1. Mengerti jenis-jenis Web Hosting yang disediakan seperti Shared Web Hosting, VPS (Virtual Private Server), Dedicated Server dan juga Paket-paket yang disediakan. Masing-masing jenis Web Hosting memberikan fasilitas yang berbeda-beda dan juga dengan harga yang berbeda-beda pula. Kita perlu mengetahui jenis yang kita perlukan.
  2. Customer Support – Apabila kita menemukan kesulitan, kita memerlukan orang yang profesional untuk membantu kita dalam menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Bagi Penyedia layanan Web Hosting, kita berharap mereka dapat membantu kita dapat menyelesaikan masalah web hosting yang sedang kita hadapi dengan cepat and selalu siaga atau standby 24 jam (24 x 7). 
  3. Pilihlah Web Hosting yang memiliki uptime yang tinggi – Hal yang perlu diingat, tidak ada penyedia Web Hosting yang menjamin 100% uptime, karena banyak faktor yang mempengaruhi uptime tersebut. Tetapi kita perlu memilih mereka yang berani jamin 99% uptime. Kita dapat mencari dan melihat review-review mengenai penyedia Web Hosting tersebut melalui search (pencarian) di google. Jangan pilih Web Hosting yang sering kena serangan dan Server “Down”.
  4. Jangan hanya mempertimbangkan harga – Harga biasanya mengikuti layanan yang disediakan.
  5. Memiliki Reputasi yang baik.

Semoga bermanfaat ….

One thought on “Tips dalam memilih Web Hosting untuk Website dan Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *